Sabtu, 26 Januari 2013

Graphic User Interface (GUI)

Pengertian GUI
Antar muka komputer yang berbasiskan grafis. Adalah citra grafis yang ditampilkan di layar komputer yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi software dengan memakai menu dropdown, dialog box, radio button, check box, panel, tabs, toolbar, icon shortcuts dan tool lain. Atau bisa juga dikatakan jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program dengan lebih banyak dengan gambar daripada perintah teks. Sebuah GUI grafis menawarkan ikon, dan visual indikator, sebagai lawan dari antarmuka berbasis teks. Contoh perangkat yang menggunakan GUI: perangkat genggam seperti MP3 Players, Portable Media Player dan perangkat Permainan. GUI ini dimulai pertama kali dengan X Windows hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, lalu disusul oleh Microsoft Windows, dan sistem operasi lainnya.

JAVA
Java merupakan suatu teknologi perangkat lunak yang di dalamnya mencakup bahasa pemrograman. Selain itu Java juga merupakan suatu platform yang memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan suatu program. Java sendiri pada awalnya dikembangkan pada lingkungan komputer oleh Sun Microsystem Inc. dengan tujuan untuk menghasilkan suatu bahasa komputer sederhana tanpa harus terikat pada arsitektur tertentu. Maka tak heran jika dalam perkembangannya Java dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi seperti Linux, Windows maupun Unix.
Karena keunikan dan kehandalannya, Java pun semakin banyak dikenal. Pada tahun 1995 Sun meluncurkan sebuah browser berbasis Java dengan julukan Hot Java, kemudian diikuti Netscape yang memutuskan untuk membuat browser dengan dilengkapi bahasa Java di dalamnya. Setelahnya ikut bergabung pula berbagai pengembang ternama diantaranya IBM dan Microsoft. Kemudian pada tahun berikutnya, Sun Microsystem Inc. merilis Java Software Development Kit (JDK) pertamanya, JDK 1.1. Dan terus berkembang dari pemrograman applet yang berjalan di browser menjadi pemrograman kelas dunia yang banyak digunakan untuk pengembangan aneka ragam aplikasi. Tidak hanya pada komputer, Java juga dapat berjalan pada bermacam-macam perangkat, mulai telepon genggam sampai aplikasi berskala enterprise pada komputer server.

JAVA GUI
Dapat disimpulkan bahwa Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.


  • Komponen GUI pada AWT

AWT ( Abstract Window Toolkit)

AWT ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayangnya AWT ini sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah palkasi desktop secara lengkap. Terlepas dari kurangnya komponen GUI yang terdapat pada AWT, aplikasi yang dibangun menggunakan AWT akan tampak seperti aplikasi native, yaitu jika aplikasi yang din=bangun menggunakan AWT ini dijalankan pada system operasi windows, maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi windows pada umumnya dan begitu juga jika dijalankan pada system operasi Mac atau GNU/Linux.
Dalam mengembangkan aplikasi GUI, komponen GUI seperti tombol atau textfield diletakkan
di dalam kontainer. Berikut ini adalah daftar dari beberapa class penting pada kontainer yang
telah disediakan oleh AWT.

• Komponen : Abstract Class untuk object yang dapat ditampilkan pada console dan berinteraksi dengang     user. Bagian utama dari semua class AWT.
• Kontainer : Abstract Subclass dari Component Class. Sebuah komponen yang dapat menampung komponen yang lainnya.
• Panel : Turunan dari Container Class. Sebuah frame atau window tanpa titlebar, menubar tidak termasuk border. Superclass dari applet class.
• Window : Turunan dari Container class. Top level window, dimana berarti tidak bisa dimasukkan dalam object yang lainnya.Tidak memiliki border dan menubar.
• Frame : Turunan dari window class. Window dengan judul, menubar, border dan pengatur ukuran di pojok. Memiliki empat constructor , dua diantaranya memiliki penulisan seperti :Frame(), Frame(String title)

Untuk mengatur ukuran window, menggunakan method setSize.
• void setSize(int width, int height)
mengubah ukuran komponen ini dengan width dan height sebagai parameter.
• void setSize(Dimension d)
mengubah ukuran dengan d.width dan d.height berdasar pada spesifikasi Dimension d.
Default dari window adalah not visible atau tak tampak hingga Anda mengatur visibility menjadi true. Inilah syntax untuk methodsetVisible.
• void setVisible(boolean b)
Dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan. Dibawah ini adalah contoh bagaimana membuat sebuah aplikasi.

import java.awt.*;
public class SampleFrame extends Frame {
public static void main(String args[]) {
SampleFrame sf = new SampleFrame();
sf.setSize(100, 100); //Coba hilangkan baris ini
sf.setVisible(true); //Coba hilangkan baris ini
}
}


perhatikan bahwa tombol tutup pada frame tidak akan bekerja karena tidak ada mekanisme
event handling yang ditambahkan di dalam aplikasi.
Grafik
Beberapa method grafik ditemukan dalam class Graphic. Dibawah ini adalah daftar dari beberapa method.
Hubungan dari class ini adalah class Color, dimana memiliki tiga constructor.
Dibawah ini adalah contoh program yang menggunakan beberapa method di dalam class
Graphic.

import java.awt.*;
public class GraphicPanel extends Panel {
GraphicPanel() {
setBackground(Color.black); //Konstanta dalam class Color
}
public void paint(Graphics g) {
g.setColor(new Color(0,255,0)); //hijau
g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));
g.drawString("Hello GUI World!", 30, 100);
g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red
g.fillRect(30, 100, 150, 10);
}
public static void main(String args[]) {
Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel");
GraphicPanel gp = new GraphicPanel();
f.add(gp);
f.setSize(600, 300);
f.setVisible(true);
}
}


Agar panel dapat terlihat atau visible, dia harus diletakkan didalam window yang dapat terlihat seperti sebuah frame.

•Komponen AWT
Berikut ini adalah daftar dari kontrol AWT. Kontrol adalah komponen seperti tombol atau textfield yang mengijinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi GUI. Berikut ini semua subclass dari class Components.
Berikut adalah aplikasi membuat sebuah frame dengan kontrol yang telah dimasukkan di dalamnya.
import java.awt.*;
class FrameWControls extends Frame {
public static void main(String args[]) {
FrameWControls fwc = new FrameWControls();
fwc.setLayout(new FlowLayout()); //akan dibahas lebih detail
pada pembahasan berikutnya
fwc.setSize(600, 600);
fwc.add(new Button("Test Me!"));
fwc.add(new Label("Labe"));
fwc.add(new TextField());
CheckboxGroup cbg = new CheckboxGroup();
fwc.add(new Checkbox("chk1", cbg, true));
fwc.add(new Checkbox("chk2", cbg, false));
fwc.add(new Checkbox("chk3", cbg, false));
List list = new List(3, false);
list.add("MTV");
list.add("V");
fwc.add(list);
Choice chooser = new Choice();
chooser.add("Avril");
chooser.add("Monica");
chooser.add("Britney");
fwc.add(chooser);
fwc.add(new Scrollbar());
fwc.setVisible(true);
}
}



  • Layout Manager

Java mempunyai fasilitas layout manager (manajemen tampilan) dalam mengelola form / kontainer.
Kontainer adalah objek yang memiliki jendela seperti form, panel, scoll pane dan lain-lain.
Setiap kontainer memiliki sebuah layout manager. Java menyediakan layout manager yang spesifik , dan dapat memilih sesuai kebutuhan antara lain :
• BorderLayout
Fitur ini menyusun komponen-komponen dari sebuah kontainer dalam wilayah yang dinamai North (Utama), South (Selatan), East(Timur), West (Barat), After (setelah), Last(terakhir), Center (tengah), First (pertama), Before (sebelum)
• FlowLayout
Menyusun komponen-kokmponen objek dalam bentuk baris dari kiri ke kanan kemudian dari atas ke bawah menggunakan ukuran asli setiap komponen
• GridLayout
Menempatkan komponen-komponen ke dalam grid / kotak-kotak sel dalam baris dan kolom
GridLayout memperbesar setiap komponen sebesar ruangan / sel yang disediakan.
• CardLayout
Menempatkan komponen-komponen (biasanya panel) yang 1 diatas dan yang lainnya bertumpukan,satu dengan yang lainnya.
Kita hanya bisa melihat 1 dalam satu waktu, dan untuk melihat yang lain menggunakan kontrol untuk memilih objek mana yang ada diatas.
• GridBagLayout
Menempatkan komponen-komponen secara horizontal dan vertical secara dinamis dan tidak harus mempunyai ukuran yang sama.
• BoxLayout
Memungkinkan susunan banyak komponen yang bisa disusun secara vertikal / horizontal. Walaupun disusun secara vertikal dengan banyak komponen, susunan tidak akan berubah walau ada perubahan frame.


  • Komponen Swing

Komponen-komponen Swing :
• JLabel
• JComboBox
• JList
• JPanel

Jlabel
• JLabel merupakan komponen yang digunakan untuk menampilkan teks yang pendek.
• JLabel juga digunakan untuk menampilkan icon (gambar berukuran kecil) atau menampilkan icon dan teks
• JLabel merupakan sub kelas dari JFrame
Daftar Konstruktor Jlabel
• JLabel()
menciptakan objek JLabel tanpa teks dan gambar
• Jlabel(icon gambar)
menciptakan objek Jlabel dengan icon tanpa teks
• JLabel(String teks)
menciptakan objek JLabel dengan teks
• JLabel(String teks, Icon gambar,int pengaturan)
menciptakan objek Jlabel yang melibatkan teks dan gambar serta diatur secara horizontal
Metode Jlabel
• getText()
untuk memperoleh teks pada label
• setText()
untuk mengubah teks pada label
• SetIcon(icon gambar)
untuk mengubah gambar pada icon


Sumber :
http://bagus-narutofans.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-macam-gui-java.html
http://debagdebug.wordpress.com/2009/10/08/java-guigraphical-user-interface/
http://sunrise-jun.blogspot.com/2012/03/komponen-gui-pada-awt.html
http://kreator-autosmart.blogspot.com/2011/04/layout-manager-pada-java.html
http://sienjosiam.blogspot.com/2010/11/komponen-komponen-swing-di-java.html/

1 komentar:

  1. wah bermanfaat ini infonya...
    saya ingin belajar ini tetapi program netbean saya perlu di upgrade

    BalasHapus