Senin, 18 April 2011

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

PENDAHULUAN
Teknologi yang ada sekarang ini, berkembang sangat pesat. Dari yang semula hanya ada telepon rumah sekarang sudah ada telepon genggam. Dulu hanya ada mesin ketik, sekarang sudah ada laptop dan komputer. Dulu bepergian hanya menggunakan sepeda atau hewan – hewan besar sebagai kendaraannya, sekarang sudah ada motor dan mobil. Memang sangat pesat perkembangan teknologi saat ini.
Tetapi walau teknologi yang berkembang saat ini dapat mempermudah pekerjaan manusia, tetapi tetap saja teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif. Contohnya saja saat ini karena motor dan mobil sudah banyak di temukan, orang – orang menjadi malas untuk berjalan kaki. Padahal berjalan kaki jauh lebih sehat daripada mengendarai motor dan mobil. Saat ini pun para pelajar lebih memilih untuk memakai internet untuk mengerjakan tugas – tugasnya daripada harus berpusing – pusing membaca buku. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Dibawah ini saya akan membahas beberapa dampak positif maupun negatif dari perkembangan teknologi tersebut.

ISI
Dampak dari reformasi 1988 benar – benar membawa dampak yang signifikan pada perkembangan teknologi sekarang. Dan dengan semakin terbukanya arus informasi dan pintu perdagangan, maka layanan yang dulu mungkin hanya bisa di nikmati oleh kalangan menengah ke atas atau kalangan berduit, sekarang layanan tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Contohnya saja, televisi, telepon, bahkan internet.
Kemajuan teknologi yang bertujuan untuk mempermudah kerja manusia, tetapi kenyataannya teknologi itupun yang meresahkan dan menimbulkan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Mereka resah dan takut akan adanya penyalah gunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab akan teknologi tersebut.
Dengan perkembangan teknologi ini memang manusia dapat lebih mudah melakukan pekerjaan. Bahkan dalam kesehariannya pun manusia tidak terlepas dari teknologi tersebut. Sekarang setiap orang dapat menggunakan handphone (HP) untuk berhubungan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Bahkan untuk bepergian ke luar negeri maupun kota, manusia sudah tidak memerlukan waktu ang lama. Karena sudah ada pesawat yang dengan waktu yang relatif singkat mereka sudah berada di tempat yang mereka tuju. Selain itu pekerjaan yang semula sulit untuk dilakukan menjadi mudah karena sudah ada mesin yang dapat jauh lebih cepat dalam bekerja daripada bekerja secara manual. Yang dulunya harus menunggu lama untuk mengirimkan surat kepada teman atau saudara yang jauh. Sekarang sudah tidak, karena adanya internet.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi memang sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Tetapi jangan sampai lupa akan adanya ancaman yang dapat terjadi dari teknologi itu sendiri. Selain memiliki dampak yang positif pasti ada pula dampak negatifnya dari teknologi tersebut.

1. Dampak Teknologi dalam Dunia Pendidikan
Dunia pendidikan merupakan salah satu media yang juga merasakan dampak dari perkembangan teknologi. Dalam pendidikan baik siswa maupun guru mereka menggunakan teknologi dalam metode pembelajarannya. Guru biasa mengkombinasikan sistem belajar dengan alat OHP, atau Infocus untuk membantu dalam mengajar. Sedangkan para siswa menggunakan media internet untuk menambah wawasan yang lebih selain yang diberikan guru di sekolah.
Beberapa dampak positif perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.
• Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pendidikan, seperti jaringan internet, lab komputer sekolah, dan lain – lain. Dampak dari hal ini adalah guru bukan menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru di sekolah, tetapi mereka juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari internet.
• Munculnya metode – metode belajar yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
• Sistem pembelajaran tidak harus dengan cara tatap muka. Belajar dapat dilakukan dengan menggunakan media internet.
• Adanya sistem pengolahan data hasil penelitian dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dulu mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk mengolah data hasil penelitian dengan cara manual. Tapi sekarang kita bisa memanfaatkan komputer dan berbagai program didalamnya untuk menyelesaikan laporan tersebut dengan waktu yang tidak terlalu lama.
• Kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. Misalnya kebutuhan akan mesin fotocopy. Mesin fotocopy dapat membantu tugas guru dan staff misalnya dalam penggandaan soal – soal untuk ujian. Jika hal tersebut dilakukan secara manual terbayang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggandakan soal – soal tersebut lebih dari seratus lembar.! Tapi, karena adanya mesin fotocopy tidak lagi memerlukan waktu lama untuk menggandakan soal – soal tersebut.
Intinya, manfaat teknologi dalam dunia pendidikan yaitu :
• Pembelajaran jadi lebih interaktif, simulatif dan lebih menarik
• Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit
• Mempercepat proses yang lama
• Menghadirkan kejadian yang jarang terjadi
• Menunjukkan peristiwa yang berbahaya dan sulit dijangkau.
Selain dampak – dampak positif tersebut, teknologi dalam dunia pendidikan pun memiliki dampak negatif, yaitu :
• Siswa menjadi malas untuk belajar. Dengan adanya laptop, komputer dan jaringan internet yang seharusnya memudahkan para siswa dalam mengerjakan tugasnya, ini malah menimbulkan kemalasan. Karena tidak jarang diantara mereka yang menggunakan fasilitas itu bukan untuk belajar, tetapi malah untuk bermain seperti yang sekarang banyak diminati oleh anak – anak yaitu GamesOnline. Inilah yang menimbulkan kurangnya minat untuk belajar.
• Terjadinya pelanggaran asosila. Karena banyak terjadi tauran antar pelajar, yang mengakibatkan timbul mental preman. Hal ini jauh dari apa yang diajarkan oleh guru disekolah.
• Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pendidikan yang dapat disalahgunakan. Media ini dapat digunakan untuk media bermain. Mereka akan betah berlama – lama didepan komputer bukan untuk belajar tetapi untuk bermain game, chatting via internet. Sehingga yang semula waktunya itu dipakai untuk belajar tetapi malah dipakai untuk bermain. Hal ini dapat menyebabkan buruknya nilai yang akan mereka dapat disekolah.
• Munculnya metode – metode belajar yang baru yang memudahkan siswa dalam proses belajar, sehingga membuat siswa menjadi malas. Ini membuat siswa menjadi malas dan merasa di manjakan dengan fasilitas – fasilitas tersebut. Misalnya, jika mereka mendapatkan tugas untuk membuat makalah mereka lebih memilih untuk mengcopy paste hasil pekerjaan orang lain daripada dia harus berpusing – pusing untuk membuat tugas tersebut. Hal ini bisa membuat mereka menjadi bodoh, karena mereka menjadi malas untuk belajar.
• Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan menjadi terancam. Kita selama ini sering melihat dan mendengar tentang kebocoran soal ujian melalui TV atau radio. Karena teknologi yang terlalu canggih sehingga dapat mengakses informasi dari daerah lain ke daerah lainnya. Inilah yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan tindakannya membocorkan soal – soal ujian, kejadian ini juga meresahkan pemerintah dan masyarakat.
• Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang – orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Pada awalnya pendidikan ini bertujuan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat positif, tapi pada akhirnya seringkali tujuan ini di salah gunakan dengan berbagai alasan. Misalnya seorang Hacker, dengan kemampuannya melakukan penerobosan sistem pada sebuah kantor ataupun perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke bank atau ke kantor, cukup dengan cara melakukan pembobolan terhadap sistem keuangan atau informasi penting, maka mereka akan mendapatkan keuntungan dan sulit untuk dilacak si pelakunya.
• Adanya penyalahgunaan sistem pengolah data yang menggunakan teknologi. Kita sering menemukan kecurangan dalam melakukan analisis hasil percobaan yang dilakukan oleh siswa. Mereka melakukan ini hanya demi kepentingan pribadi, dengan mengabaikan kebenaran hasil penelitian tersebut.

2. Dampak Teknologi di Masyarakat
Teknologi yang semakin berkembang adalah sarana untuk membantu memberikan informasi dan pengetahuan yang juga ikut berkembang. Kita tidak bisa dikatakan belum siap menerima perkembangan teknologi yang sudah mrnjadi kebutuhan untuk melengkapi aktifitas. Namun ada tantangan dalam perkembangannya, yaitu mengenai penguasaan bahasa asing. Karena itu merupakan hal pokok untuk menguasai teknologi itu sendiri.
Mengenai dampak positif dan negatif dari teknologi itu sendiri, ada dalam diri kita masing – masing, dan pemerintah khususnya badan – badan yang berwenang untuk mengambil langkah tepat untuk mengurangi dampak negatif dari kemajuan teknologi tersebut.
Seiring kemajuan zaman media teknologi yang sering digunakan adalah internet. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Dengan ini kita dapat berkomunikasi dengan jarak yang tidak terbatas. Ini pula yang menjadikan dunia menjadi selebar layar komputer.
Internet pun memiliki dampak bagi kehidupan kita, baik dampak positif maupun negatif. Beberapa dampak positif dan negatif dari internet :
Dampak positif dari jaringan internet, yaitu :
• Internet sebagai media komunikasi. Merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
• Media pertukaran data, dengan menggunakan e-mail, newsgroup, ftp dan www. Para pengguna internet dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah.
• Media untuk mencari informasi atau data. Perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
• Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang sedang terjadi.
• Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain – lain.
• Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu menuju tempat perbelanjaan.
Selain dampak positif di atas, internet juga mempunyai dampak negatif, yaitu :
• Mengurangi sifat sosial masyarakat, karena mereka lebih cenderung suka berhubungan melalui internet daripada bertemu langsung.
• Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi
• Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet.
• Bisa membuat seseorang kecanduan.
Selain internet, telepon pun ikut berkembang. Dari yang semula hanya orang – orang kalangan atas atau berduit yang bisa menikmati fasilitas ini, sekarang hampir semua orang memiliki telepon. Mungkin dulu orang – orang kalangan menengah kebawah jika ingin menghubungi keluarga yang jauh dengan menggunakan surat atau jika memang harus menelepon mereka harus menggunakan jasa wartel.
Sekarang tidak hanya ada telepon rumah tetapi ada pula telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan HP (Ponsel). Dimana – mana sekarang kita tidak terlepas dengan benda tersebut. Tetapi selain membantu kita dalam berkomunikasi ponsel pun memiliki dampak negatif.
Beberapa dampak positif penggunaan ponsel, yaitu :
• Lebih mudah dalam berkomunikasi tanpa memikirkan betapa jauh jarak yang ditempuh, karena semua akan menjadi dekat.
• Apabila ponsel tersebut memiliki fasilitas web, kita jadi bisa lebih cepat mengakses informasi – informasi terbaru dari internet tanpa harus pergi ke warnet atau membuka laptop dan komputer.
Selain dampak positif, ponselpun memiliki dampak negatif yang harus diwaspadai, yaitu :
• Semakin melunturnya nilai sopan dan santun
• Adanya kejahatan dan penipuan melalui sms
• Kejahatan dalam menggunakan kamera pada ponsel
• Disinyalir bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan resiko kanker otak dan tumor otak
• Dari segi kultural dapat berdampak bahwa ponsel tidak hanya menjadi teknologi tapi juga mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan status sosial manusia, sehingga manusia selalu melihat ponsel sebagai ukuran status manusia dan berlomba – lomba untuk bisa mengganti ponsel dengan model yang terbaru
• Ponsel juga membuat kita menjadi malas, karena hanya dengan ponsel kita bisa melakukan banyak aktifitas komunikasi, sehingga proses interaksi secara langsung dengan orang lain jarang dilakukan.
• Banyak juga kecelakaan yang diakibatkan oleh ponsel. Misalnya, karena terlalu kencang mendengarkan musik dari ponsel sehingga tidak mendengar suara pintu kereta dan mengakibatkan orang tersebut tertabrak kereta. Atau karena sedang asik smsan, kita tidak memperhatikan jalan ketika menyeberang atau berjalan yang mengakibatkan kita jadi tertabrak.
KESIMPULAN
Dari tulisan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa teknologi yang ada sekarang ini memang telah berkembang sangat pesat. Teknologi itu dapat bermanfaaat apabila kita menggunakannya dengan benar. Tetapi teknoligi itu pun bisa membunuh kita jika kita tidak tepat menggunakannya.
Dilihat dari segi positif memang teknologi saat ini sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan, pekerjaan jadi lebih mudah dan ringan dengan memanfaatkan teknologi, untuk berkomunikasi pun tidak memerlukan lagi waktu yang lama karena sudah bisa dengan cara sms, e-mail maupun telepon. Tetapi dampak negatif dari teknologi itu sendiri memang sangat merugikan.
Jadi, sebaiknya kita menggunakan teknologi untuk kepentingan yang benar. Untuk media belajar, mencari informasi atau berbisnis. Jangan gunakan teknologi untuk sesuatu yang bisa merugikan diri sendiri maupun pengguna teknologi yang lainnya.




DAFTAR PUSTAKA
http://kotakoti.blogdetik.com/2010/10/17/dampak-negatif-dan-positif-teknologi-informasi-bagi-masyarakat/
http://ponselter.blogspot.com/2009/03/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan.html
http://uyab.blogdetik.com/2009/04/05/dampak-positif-negatif-dari-hp/
http://azenismail.wordpress.com/2010/05/26/dampak-perkembangan-teknologi-iptek/

NAMA : YUNIANINGSIH LAILA
NPM : 18110775
KELAS : 1KA15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar