Rabu, 12 Maret 2014

Sistem Informasi Geografis di Bidang Kesehatan



Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis. Secara umum pengertian GIS adalah; “Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, meng-integrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.”



Pada dasarnya GIS dapat dikerjakan secara manual, namun dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang terkait dengan teknologi sistem komputer, pada saat ini GIS akan selalu diasosiasikan dengan sistem yang berbasis komputer. GIS yang berbasis komputer akan sangat membantu ketika data geografis yang tersedia merupakan data dalam jumlah dan ukuran besar, dan terdiri dari banyak tema yang saling berkaitan. GIS mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya. Data yang akan diolah pada GIS merupakan data spasial. Ini adalah sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu, sebagai dasar referensinya. Sehingga aplikasi GIS dapat menjawab beberapa pertanyaan, seperti lokasi, kondisi, trend, pola dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan GIS dari sistem informasi lainnya.

Geographic Information System merupakan integrasi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan data untuk menangkap, mengatur, menganalisa, dan menampilkan semua bentuk geografi yang memberikan informasi.

Dengan GIS kita bias melihat, memahami, bertanya, menterjemahkan dan menampilkan data dengan banyak cara seperti relationaship, simbol-simbol, dan trend dalam bentuk peta, laporan atau grafik. GIS membantu menyelesaikan permasalahan dengan mengacu pada data yang ada sehingga menjadi mudah dipahami dan dibagi satu sama lain. Teknologi GIS juga bisa di gabungkan dengan framework system infromasi enterprice.

MANFAAT GIS BAGI BIDANG KESEHATAN

Sistem informasi geografi dapat digunakan untuk menentukan distribusi penderita suatu penyakit, pola atau model penyebaran penyakit. Penentuan distribusi unit – unit rumah sakit ataupun puskesmas – puskesmas, fasilitas – fasilitas kesehatan maupun jumlah tenaga medis dapat pula dilakukan dengan SIG (Sistem informasi geografi ).
Menurut WHO,SIG (Sistem Informasi Geografis) dalam kesehatan masyarakat dapat digunakan antara lain :
1. Menentukan Distribusi Geografis Penyakit.
2. Analisis trend Spasial dan Temporal
3. Pemetaan Populasis Berisiko
4. Stratifikasi Faktor risiko
5. Penilaian Distribusi Sumberdaya.
6. Perencanaan dan Penentuan Intervensi.
7. Monitoring Penyakit.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan SIG (Sistem informasi geografi ) dalam bidang Kesehatan Masyarakat berdasarkan analisa CDC tersebut.



a) Memonitor status kesehatan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Dalam mendukung fungsi ini, SIG (Sistem informasi geografi )dapat digunakan untuk memetakan kelompok masyarakat serta areanya berdasarkan status kesehatan tertentu, misalnya status kehamilan. Dengan SIG (Sistem informasi geografi ), peta mengenai status kesehatan dapat digunakan untuk merencanakan program pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh kelompok tersebut, misalnya pelayanan ANC, persalinan dll.


b) Mendiagnosa dan menginvestigasi masalah serta resiko kesehatan di masyarakat. Sebagai contoh, seorang epidemiologis sedang mengolah data tentang kasus asma yang diperoleh dari Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pusat – Pusat Kesehatan lainnya di masyarakat, ternyata dia menemukan terjadi kenaikna kasus yang cukup signifikan di suatu Rumah Sakit, maka kemudian dia mencari tahu data dari pasien – pesien penderita asma di Rumah sakit. Ternyata ditemukan bahwa 8 dari 10 orang penderita asma yang dirawat di Rumah Sakit tersebut bekerja di perusahaan yang sama. Demikian seterusnya hingga kemudian SIG (Sistem informasi geografi ) dapat digunakan untuk memberikan data yang lengkap mengenai pola pajanan kimia tertentu di perusahaan – perusahaan dalam suatu wilayah, yang merupaka informasi yang penting untuk para karyawan. Informasi ini juga dapat diteruskan kepada ahli – ahli terkait, dalam hal ini ahli K3 untuk melakukan penanganan lebih lanjut terhadap masalah yang ditemukan

c) Menginformasikan, mendidik dan memberdayakan masyarakat nmengenai isu – isu kesehatan. SIG (Sistem informasi geografi ) dalam hal ini dapat menyediakan informasi mengenai kelompok masyarakat yang diidentifikasi masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai informasi kesehatan tertentu, sehingga kemudian dapat dicari media komunikasi yang paling efektif bagi kelompok tersebut, serta dapat dibuat perencanaan mengenai waktu yang paling tepat untuk melakukan promosi kesehatan kepada kelompok masyarakat tersebut.

d) Membangun dan menggerakkan hubungan kerjasama dengan masyarakat untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan. Dalam hal ini SIG (Sistem informasi geografi ) dapat digunakan untuk melihat suatu pemecahan masalah kesehatan berdasarkan area tertentu dan kemudian memetakan kelompok masyarakat yang potensial dapat mendukung program tersebut berdasarkan area – area yang terdekat dengannya. Misalnya masalah imunisasi yang ada pada wilayah kerja tingkat RW atau Posyandu, maka dapat dipetakan kelompok potensial pendukungnya yaitu Ibu – Ibu PKK yang dapat diberdayakan sebagai kader pada Posyandu – Posyandu yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

e) Membangun kebijakan dan rencana yang mendukung usaha individu maupun masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan. Contohnya dalam hal analisa wilayah cakupan Puskesmas. Dalam hal ini SIG (Sistem informasi geografi ) digunakan untuk memetakan utillisasi dari tiap – tiap Puskesmas oleh masyarakat sehingga dapat dibuat perencanaan yang jelas mengenai sumber daya kesehatan yang perlu disediakan untuk Puskesmas tersebut disesuaikan dengan tingkat utilitasnya.

f) Membangun perangkat hukum dan peraturan yang melindungi kesehatan dan menjamin keselamatan masyarakat. Dalam hal ini SIG (Sistem informasi geografi ) dapat digunakan untuk membagi secara jelas kewenangan dan tanggung jawab suatu pusat pelayanan kesehatan pada tiap – tiap wilayah kerja dalam menjamin dan menangani segala bentuk masalah yang terjadi di wilayah tersebut. Dengan demikian maka manajemen komplain dapat terkoordinir dengan baik.

g) Menghubungkan individu yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan tersebut jika belum tersedia. Misalnya seorang warga negara asing diidentifikasi menderita suatu penyakit tertentu yang membutuhkan penanganan yang serius. Maka untuk mengatasinya, dengan melihat peta dan data akses pelayanan kesehatan yang tersedia dapat dicari tenaga kesehatan terdekat yang dapat membantu orang tersebut, dan menguasai bahasa yang digunakannya. Dengan data SIG (Sistem informasi geografi ) juga dapat diketahui bagaimana akses transportasi termudah yang dapat dilalui oleh warga negara asing tersebut menuju fasilitas kesehatan terdekat.

h) Menjamin ketersediaan tenaga kesehatan dan ahli kesehatan masyarakat yang berkompeten di bidangnya. Dalam hal ini SIG (Sistem informasi geografi ) dapat menyediakan peta persebaran tenaga kesehatan dan ahli kesehatan masyarakat di tiap – tiap daerah, sehingga dengan demikian dapat dilihat jika ada penumpukan atau bahkan kekurangan personel di suatu daerah. Lebih lanjut, data tersebut dapat digunakan dalam hal perencanaan pengadaan tenaga – tenaga kesehatan untuk jangka waktu ke depan untuk masing – masing wilayah.

i) Mengevaluasi efektifitas, kemudahan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Data SIG (Sistem informasi geografi ) dapat menyediakan data yang lengkap mengenai potensi tiap – tiap daerah serta karakter demografis masyarakatnya untuk dihubungkan dengan fasilitas – fasilitas kesehatan yang tersedia dan tingkat utilitasnya. Dengan demikian dapat dievaluasi kembali kesesuaian dan kecukupan dari penyediaan sarana pelayanan kesehatan yang ada.

j) Penelitian untuk menciptakan penemuan baru dan inovasi dalam memecahkan masalah – masalah kesehatan di masyarakat. Salah satu kegunaan ini SIG (Sistem informasi geografi ) dalam hal ini adalah untuk menyediakan data yang akurat mengenai perubahan – perubahan yang terjadi di suatu daerah seperti pertambahan jumlah perumahan, jalan, pabrik atau sarana - sarana lainnya yang berpengaruh pada lingkungan dan berpotensi mempengaruhi status kesehatan masyarakat. Data ini kemudian dapat digunakan untuk merancang dan merencanakan inovasi – inovasi tertentu yang dapat menjamin kesehatan suatu masyarakat (Ika Irmawati,2005).

KESIMPULAN

Sistem Informasi Geografis sebagai suatu sistem yang berbasis komputer dan memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografis yaitu penyimpanan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil ak hir (output). Hasil akhirnya dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan.SIG bisa menjadi alat yang sangat penting pada pengambilan keputusan untuk pembangunan berkelanjutan. Karena SIG memberikan informasi pada pengambil keputusan untuk analiss dan penerapan database keruangan.



Sistem Informasi Geografis dapat di manfaatkan dalam bidang kesehatan, diantaranya : Memonitor status kesehatan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di masyarakat, mendiagnosa dan menginvestigasi masalah serta resiko kesehatan di masyarakat, menginformasikan, mendidik dan memberdayakan masyarakat nmengenai isu – isu kesehatan, membangun dan menggerakkan hubungan kerjasama dengan masyarakat untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan, membangun kebijakan dan rencana yang mendukung usaha individu maupun masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan, membangun perangkat hukum dan peraturan yang melindungi kesehatan dan menjamin keselamatan masyarakat, menghubungkan individu yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan tersebut jika belum tersedia, menjamin ketersediaan tenaga kesehatan dan ahli kesehatan masyarakat yang berkompeten di bidangnya, mengevaluasi efektifitas, kemudahan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat, penelitian untuk menciptakan penemuan baru dan inovasi dalam memecahkan masalah – masalah kesehatan di masyarakat.






Sumber : http://calvintarrapa.blogspot.com/2013/06/contoh-kasus-gis-pada-bidang-kesehatan.html




24 komentar:

  1. Trimakasih sudah berbagi mengenai info gis | salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Tuisan diatas sangat menarik,,,jika ingin ingin donlod program SIG kesehatan/penyebaran gizi buruk berbasis web scara gatis silahkan kunjungi http://dafidtechno.blogspot.co.id/2015/11/program-sistem-informasi-kesehatan.html

    BalasHapus
  3. Apakah SIG bidang kesehatan berbasis android atau?

    BalasHapus
  4. Saya setuju dengan Artikel di atas, sistem Informasi Geografis sangat berguna dalam bidang kesehatan. Salah satunya untuk Memonitor status kesehatan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di masyarakat dan mendiagnosa serta menginvestigasi masalah resiko kesehatan di masyarakat dengan menggunakan sistem berbasis komputer yang sangat mudah di gunakan dan akan sangat membantu ketika data geografis yang tersedia merupakan data dalam jumlah dan ukuran besar. - Syarifah

    BalasHapus
  5. Artikel nya Sangat bermanfaat Mbak,
    Saya sangat suka pada contoh pemanfaatan di bidang kesehatan yaitu di poin ke "H. Menjamin ketersediaan tenaga kesehatan dan ahli kesehatan masyarakat yang berkompeten di bidangnya."
    menurut saya itu sangat membantu para warga yang hidup didesa pedalaman.

    Terima Kasih Mbak
    Kunjungi Website saya juga ya : https://renaldig.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Serta Website Kampus kami : http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  6. saya sangat setuju pada contoh pemanfataan GIS bagian H. Menjamin ketersediaan tenaga kesehatan dan ahli kesehatan masyarakat yang berkompeten di bidangnya.dan I Mengevaluasi efektifitas, kemudahan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat.
    dengan begitu tenaga masyarakat dan pelayanan kesehatan dapat terjamin ketersediannya dan kemudahan aksesnya.
    oh ya kunjungi website saya http://ridhohabibi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  7. terimakasih ini sangat bermanfaat dan saya jadi tau ternyata gis dapat di terapkan di bidang kesehatan seperti untuk menentukan distribusi geografis penyakit
    kunjungi juga website saya ya:https://nanditia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Ini sangat bermanfaat bagi saya yang sedang dalam proses mempelajari GIS, saya sangat tertarik untuk melanjutkan skripsi menggunakan GIS.

    Kunjungi website saya juga : https://imisyafitri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    atau website kampus saya:
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. terimkasih ya kasih artikel nya,jadi sudah tahu gis.semoga ilmu yang dibelajari sangat bermanfaat gis bidang kesehatan jangan lupa ya gan kunjungin website saya
    https://ahmadrizalfahlepii.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website Kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. artikel yang menarik, sangat bermanfaaat
    kunjungi juga web saya https://andidris.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan web kampus kami http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  11. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat bikin saya mengerti tentang gis di kesehatan,,
    Kunjungin website kami juga Gan
    Di:
    https://sandimario28.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  12. mantap sekali gan materinya. sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya tentang sistem informasi geografis. sukses selalu.

    oh iya gan,,
    mampir ke website saya https://bembykurnia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    mampir juga ke website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  13. Saya rasa artikel ini sangat membantu sekali apalagi Gis memang sangat diperlukan dalam bidang kesehatan
    Kunjungi website saya https://revylmann.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan kunjungi website kampus saya
    https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  14. wah ternyata banyak juga Manfaat Sistem Informasi Geografis Terkait Kesehatan..
    mau nanya gan... Gimana cara kerja SIG memonitoring penyakit?

    terimakasih infonya dan ditunggu next artikelnya..
    jangan lupa Kunjungi website saya https://hafaz.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak mbak... isi postingan blognya sangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran saya..
    kunjungi blog saya ya https://leo.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  16. thanks kak atas info materi nya, materi ini sangat mudah dan bermanfaat untuk dibaca. share lagi materi GIS lainnya..
    kunjungi website saya : https://mhardt.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  17. Saya setuju dengan contoh pemanfaatan GIS di bagian g)Menghubungkan individu yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan tersebut jika belum tersedia. Itu bisa membantu warga untuk akses transportasi termudah yang dapat dilalui untuk menuju fasilitas kesehatan terdekat

    Kunjungi website saya 🙂
    http://fitrid.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  18. Dengan adanya artikel ini saya bisa tau GIS ternya bisa dimanfaatkan di Bidang Kesehatan. Terimakasih kak atas artikel yang sangat berguna ini, Sukses selalu kak.
    Jangan lupa kunjungi website kampus saya di https://hestyns.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  19. infonya sangat bermanfaat... sekarang menambah wawasan saya kalau GIS di dalam bidang kesehatan bisa dipakai

    Kunjungi website saya ya : https://dufiflame.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  20. Terima kasih kak atas materinya, sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya.

    Kunjungi juga website saya
    https://sandia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    Website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  21. Terima kasih kak atas materinya, sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya.

    Kunjungi juga website saya
    https://sandia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    Website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  22. Thanks min... Membantu sekali artikelnya dalam pengerjaan tugas saya dan juga menambah pengertahuan saya tentang manfaat GIS di bidang kesehatan.. Thanks Min...
    Kunjungi juga website saya di :https://babal.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  23. wah keren sekali kak setelah membaca artikel kakak saya bisa tahu Dengan GIS kita bias melihat, memahami, bertanya, menterjemahkan dan menampilkan data dengan banyak cara seperti relationaship, simbol-simbol, dan trend dalam bentuk peta, laporan atau grafik. GIS membantu menyelesaikan permasalahan dengan mengacu pada data yang ada sehingga menjadi mudah dipahami dan dibagi satu sama lain.terimakasih kak.
    owh iya gan jangan lupa kunjungi web saya https://abdholil.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/ :)

    BalasHapus
  24. artikel ini sangat membantu sekali dalam pengerjaan tugas GIS dan juga dapat menambah wawasan saya tentang manfaat GIS di bidang kesehatan.
    .terima kasih
    jangan lupa kunjungi website saya ya kak https://rosydianti.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    kunjungi juga website kampus saya ya siapa tau bisa menambah wawasan kakak juga 😉 http;//www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

    BalasHapus