Sabtu, 20 Oktober 2012

Chrisye Biografi


Anak kedua dari tiga bersaudara ini memiliki nama lengkap Chrismansyah Rahardi, atau lebih dikenal dengan nama Chrisye ini di lahirkan di Jakarta, 16 September 1949. Ia mulai aktif merintis karir musiknya di tahun 1968 saat bergabung sebagai bassis dalam formasi Sabda Nada. Tahun 1986 - 1969 ia tergabung dalam Gipsy Band bersama Zulham Nasution, Keenan Nasution, Gauri Nasution, Onan dan Tami. Bersama kelompok Gipsy Band inilah Chrisye yang kala itu menjadi vokalis sekaligus bassis sempat tercatat sebagai band penghibur di sebuah restoran Indonesia di New York. Sayangnya Gipsy pun tak dapat bertahan lama. Tahun 1970, bersama Gipsy Band pula, Chrisye sempat manggung di TIM Jakarta yang menghadirkan bintang tamu alm. Mus Mualim.

Sekitar tahun 1977, Chrisye baru memulai karir solonya. Nampaknya bintang keberuntungan sedang bersinar terang karena dalam waktu singkat namanya langsung meroket sebagai vokalis handal saat menembangkan lagu karya James F. Sundah yang berjudul Lilin-Lilin Kecil. Di saat yang sama ia juga memenangkan ajang "Lomba Karya Cipta Lagu Remaja Prambors" (LCLR). Hebatnya lagi, sepanjang kurun era 1980-an hingga memasuki tahun 2000 nama Chrisye tak pernah tenggelam. Hampir semua album yang dirilisnya disambut baik di industri musik Indonesia.


Penghargaan   :


Dalam beberapa dekade itu Chrisye sudah menyabet beragam pencapaian internasional seperti menjuarai ajang Enka Song Festifal yang diadakan oleh Fuji T.V., Tokyo, Jepang serta menjadi video klip pertama indonesia yang ditayangkan di MTV Hongkong lewat klip Pergilah Kasih. Selain segudang prestasi musik, Chrisye juga ternyata punya talenta lain, karena ia ternyata pernah tercatat bermain dalam beberapa film layar lebar seperti "Seindah Rembulan" (1981) dan menjadi bintang tamu di "Gita Cinta dari SMA" (1981)'


Lima dari delapan belas album solo yang telah dirilis Chrisye berhasil mendapatkan penghargaan musik paling bergengsi di Indonesia yang diadakan oleh perusahaan pabrik pita kaset, HDX dan BASF. Diantaranya album Aku Cinta Dia, Hip - Hip Hura, Kisah Cintaku, dan Pergilah Kasih. Sebuah tembang diciptakan Chrisye yang bejudul Lagu Cinta, yang di bawakan oleh Vina Panduwinata berhasil mendapat penghargaan sebagai lagu terbaik oleh BASF.


Selain tercatat sebagai penyanyi pop yang sukses, Chrisye juga tercatat sebagai pencipta lagu. Ada lebih dari 80 lagu yang diciptakan oleh Chrisye. Mengingat begitu banyak dan sudah lama, Chrisye sampai tak bisa lagi mengingatnya. Beberapa lagu ciptaan Chrisye yang menjadi hits dibawakan oleh antara lain : Vina Panduwinata, Tika Bisono, Andi M. Matalatta, dan Utta Likumahua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar