Senin, 24 Oktober 2011

KULIAH SAMBIL KERJA ?? KENAPA TIDAK !

Setelah lulus SMA/SMK pasti deh kita bingung mau pilih antara kuliah atau kerja? karena keduanya mempunyai daya tarik yang cukup. Kalau kuliah pasti setiap orang ingin kuliah selain untuk menambah ilmu, teman, kuliah juga baik untuk masa depan. Dengan kuliah dimasa akan datang kita bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan mungkin dengan penghasilan yang cukup. Tetapi tidak sedikit pula yang berfikiran “males kuliah. Kerja dulu aja deh.” ya mungkin mereka sudah bosan dengan pelajaran dan ingin merasakan memiliki uang sendiri tanpa lagi merepotkan orang tua.
Tapi kenapa tidak dicoba untuk melakukan keduanya secara bersamaan?? Kedengarannya memang sangat melelahkan, tapi apa salahnya untuk dicoba? Selain kita bisa mendapatkan uang jajan lebih dari hasil kita bekerja kita juga bisa tetap merasakan indahnya bangku kuliah. Uang dapat ilmu pun dapat, dan juga bisa dijadikan pengalaman sebelum kita merambah ke dunia kerja yang lebih jauh lagi nanti setelah lulus dari kuliah. Pekerjaan apa saja sih yang bisa dilakukan bersamaan dengan kuliah?
Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan bersamaan dengan kuliah. Contohnya saja menjadi pelayan café, kita bisa meminta ke pihak café untuk bekerja secara partime disaat weekend atau dihari bebas dari mata kuliah. Bisa juga menjadi SPG (Sales Promotion Girl) buat para cewek . memang sih SPG itu identik dengan seksi. Tapi selama kita para cewek bisa menjaga kehormatan kita kenapa tidak? Toh gajinya lumayan untuk menambah uang saku, kerjanya pun tidak begitu melelahkan. Biasanya kalau mahasiswa mengambil pekerjaan ini jika ada event besar saja. Tetapi tidak sedikit pula yang bekerja pada saat weekend.
Dan ini ada beberapa pengalaman teman – teman saya yang melakukan kuliah sambil kerja .

AR : dia bekerja sebagai tutor di lab kampus. Kerjanya dari pagi sekitar jam 8 pagi sampai malam sekitar jam 8.30. menurutnya pekerjaannya ini asik, menyenangkan dan tidak menyita waktu kuliahnya. Karena ia hanya mengambil tutor pada saat jam kuliah kosong (mengikuti jadwal).

Arin : bekerja di kampusnya sebagai staff keuangan kampus. Jam kerjanya dari pagi sampai sore bahkan bisa sampai lembur pula. Untuk masalah kuliah dia tidak terganggu karena sekarang dia mengambil kelas karyawan. Tapi pasti ada rasa capek setelah bekerja lalu lanjut kuliah. Tapi ada rasa bangga tersendiri karena dia bisa membiayai sendiri kuliahnya dan sudah bisa membagi penghasilannya dengan orang tuanya walau baru sedikit. Dukanya jadi jarang bertemu dengan keluarga, teman – teman dan pacar karena terlalu sibuk dengan kuliah dan bekerja.

AY : punya usaha sendiri bersama teman – temannya, sebuah kedai minuman. Kerja setiap malam minggu saja. Masalah bagi waktu antara kuliah dan kerja sepertinya tidak terlalu sulit, karena kerjanya yang hanya satu hari membuat kuliahnya tidak terlupakan. Karena menurutnya kuliah adalah prioritas utamanya. Sukanya dalam kerja kalau dapat order banyak pasti duitnya banyak juga dong, sedangkan dukanya kalau lagi hujan orderan jadi sepi dan bikin omset mereka menurun juga. Hmmm …. Semangat kaka !

ITP : sama seperti AY dia ini rekan bisnisnya. Kalo menurut dia kuliah sambil kerja itu ga ribet, seru. apa mungkin karena kerjanya hanya satu hari saja? Mungkin. Suka duka kuliah sambil kerja versi dia sih, sukanya dapet duit, yaiyalah, kalau dukanya hampir engga ada tuh karena kerjanya cuma malam minggu doang. Pesan dari ITP kapan-kapan datanglah ke tempat usahanya. Oke.

Dian Indah Lestari : bekerja sebagai admin pajak di sebuah perusahaan. Kerjanya dari pagi sampai sore, setelah itu lanjut kuliah. Sempatin belajar dulu sebulum tidur. Suka duka kuliah sambil kerja menurut Dian. Sukanya otomatis menambah ilmu, apalagi kalau materi / jurusan kuliahnya berhubungan sama pekerjaan, belajar jadi lebih mandiri, tanggung jawab dan disiplin juga karena kuliah pakai uang hasil kerja sendiri. Kalau dukanya, misalnya kalau ada kerjaan yang ga bisa ditunda otomatis dian harus merelakan kuliahnya untuk kerja, jadi dia ketinggalan mata kuliah hari tadi, jadi tidak punya waktu main yang banyak karena sibuk kerja dan kuliah.

Aditya Septiana : bekerja di Desa Gumati Hotel Café Resto & Convention Resort di divisi Front Office bagian Reception Hotel. Dia juga kuliah sambil kerja, suka duka yang dirasakan. Sukanya bisa punya uang sendiri,pasti,jadi bisa membiayai kuliah sendiri tanpa harus membebani orang tua, punya pengalaman bekerja di bidang perhotelan. Kalau dukanya jadi tidak punya waktu banyak untuk istirahat dan belajar, karena setelah kuliah dia harus langsung bekerja. Kalaupun ada waktu mungkin hanya 1-2 jam saja itupun sambil dimanfaatkan dengan mengerjakan tugas dari dosen. Dia merasa kuliahnya tidak terganggu walau sambil kerja karena sebelumnya dia sudah memberikan jadwal kuliahnya kepada manager agar antara kuliah dan kerja tidak terjadi bentrok.

KJ : kerja jadi asisten Lab di kampus, menurutnya hampir tidak ada duka saat jaga lab karena ketutup sama kebanyakan sukanya. Tentang bagi waktu antara kuliah dan kerjaannya, jadwal sebelumnya sudah diatur oleh SPV Lab, jadi tidak ada masalah.

TA : bekerja di pertamina, menurutnya suka duka kuliah sambil kerja itu. Senang karena untuk jajan dan ongkos kuliah sudah punya pegangan sendiri jadi ga perlu minta lagi sama orang tua, kalau dukanya, lumayan capek karena dari tempat kerja ke kampus lumayan jauh. Cara bagi waktu antara kuliah dan kerja, kebetulan dia mengambil kuliah sore, jadi kuliahnya sepulang dari kerja.

Kesimpulannya kuliah sambil kerja itu tidak terlalu buruk ko. Asal kita bisa membagi waktunya saja. Karena kuliah sambil kerja itu membanggakan, asik, seru dan bisa menambah pengalaman juga untuk kedepannya. Jadi, suatu saat jika kita sudah lulus kuliah, kita sudah tidak kaget lagi dengan suasana bekerja karena sebelumnya kita sudah pernah merasakannya. Bangganya lagi kita bisa membantu orang tua dalam biaya pendidikan yang lumayan mahal ini. Walau mungkin tidak banyak, setidaknya sudah mengurangi sedikit beban mereka.

Jadi, buat kalian yang ingin kuliah tapi tidak ingin merepotkan orang tua, bisa lho mengikuti jejak mereka yang kuliah sambil bekerja. Cari pekerjaan yang kira – kira tidak menyita waktu kuliah, atau juga bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah yang kalian terima dari kampus. Jangan sampai karena terlalu sibuk bekerja kuliah jadi terbengkalai. Atau bisa juga kalian mengambil kelas karyawan yang biasanya dilakukan sore hari seusai jam kantor.
Semoga Bermanfaat … :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar